.quickedit { display:none; }

Selasa, 26 Maret 2013

Tulisan (#6)

Situs Megalitikum, Cianju, Jawa Barat




Bagi kalian yang suka berwisata ke tempat bersejarah, saya punya rekomondasi yang mungkin masuk dalam daftar salah satu tempat yang akan kalian kunjungi. Yaitu adalah situs megalitikum yang terletak di Desa Karyamukti, Kecamatan Cempaka, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat dan konon merupakan situs megalitik terbesar di asia tenggara. Luas kompleks "bangunan" kurang lebih 900 m², terletak pada ketinggian 885 m dpl, dan areal situs ini sekitar 3 haktare.

Tapi sebelum membahas lebih lanjut mungkin ada dari kalian yang bertanya atau belum tahu Apa sih situs Megalitikum itu ? saya akan menjawab dengan sepengetahuan saya..

Situs Megalitikm adalah suatu benda peninggalan purbakala yang diperkirakan dari zaman batu yang dimana orang-orang menggunakan media batu dalam melakukan aktivitasnya seperti rumah,alat musik,masak dll. selain itu situs ini di temukan di indoneia tepat nya di cianjur membuktikan bahwa indonesia pernah mengalami yang namanya zaman batu keren gak tuh...

Situs Gunung Padang terdiri atas lima teras (tingkatan). Dasar situs terdapat di ketinggian 894 m dpl, data setiap teras adalah sebagai berikut:

1. Teras pertama berada pada ketinggian 983 m dpl, arah teras menghadap ke azimut 335° UT,
2. Teras kedua berada pada ketinggian 985 m dpl, arah teras menghadap ke azimut 337° UT,
3. Teras ketiga berada pada ketinggian 986 m dpl, arah teras menghadap ke azimut 335° UT,
4. Teras keempat berada pada ketinggian 987,5 m dpl, arah teras menghadap ke azimut 330° UT,
5. Teras kelima berada pada ketinggian 989 m dpl, arah teras menghadap ke azimut 345° UT.

Situs Megalitikum Gunung Padang diperkirakan dibangun pada 2000 SM atau sekitar 2.800 tahun sebelum Candi Borobudur dibangun. wihh tua juga yah.

Adapun keunikan lain dari tempat ini adalah:
a. Ada jalan tangga menuju  lokasi gunung padang di buat dua arah jalur kiri dan jalur kanan.. konon  jumlah undakan tangga  tsb berjumlah 790 anak tangga, tapi kalau di hitung ulang akan selalu berubah jumlahnya dan tidak pernah sama.. aneh juga yah

b. Jika dilihat dari atas, gunung padang terlihat sangat persis bentuknya dengan piramida yang ada di mesir. umurnya diperkirakan jauh lebih tua dari pada piramida mesir sekitar 10.000 tahun sebelum masehi. karena sesungguhnya gunung padang bukanlah gunung melainkan bangunan berbentuk mirip dengan piramida yang telah terkena timbunan debu vulkanik sehingga terlihat seperti gunung yang sudah ditumbuhi pepohonan. didalam gunung padang dipercaya memiliki ruang didalamnya yang kini telah tertimbun tanah.

c. Dalam situs gunung padang ditemukan alat musik yang bias masyarakat sebut sebagai batu gamelan berupa batu persegi panjang yang bergelombang pada bagian atasnya, jika setiap gelombang dipukul, maka akan mengeluarkan bunyi yang berbeda antar gelombang satu dengan yang lain. dan alat musik dari batu itu dapat dimainkan dengan benar. 

Jadi bagi kalian yang suka sejarah atau gemar ke tempat purbakala langsung aja datan ke tempat ini !!

0 komentar:

Posting Komentar

Source: http://www.amronbadriza.com/2012/07/cara-membuat-judul-blog-bergerak.html#ixzz2JwlTpIJJ