.quickedit { display:none; }

Sabtu, 16 Maret 2013

Soft Skill - Kepariwisataan (#1)



Name : Riandi barzaman
NPM   : 16612262
Class   : 1SA04

Dosen : Pak Edy Prihantoro

1). Apa yang harus kita siapkan sebelum kita melakukan perjalanan wisata  

Sebelum melakukan perjalanan wisata tentunya banyak hal yang harus diperhatikan/di persiapkan dalam berwisata baik itu wisata jarak jauh atau dekat,adapun hal yang harus di perhatikan itu adalah sebagai berik

 A. Menentukan lokasi/destinasi wisata!

Sebelum melakukan perjalanan wisata ,tentunya hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menentukan destinasi wisata (tempat yang akan di tuju) mana yang hendak Anda tuju. Setelah mendapat satu nama, maka yang sebaiknya Anda lakukan adalah mencari informasi tentang waktu terbaik melakukan kunjungan ke tempat tersebut. Hal ini bertujuan supaya Anda tidak datang pada saat yang salah

B. Mencari informasi dan melakukan riset

Mencari informasi dan melakukan riset sebelum bepergian merupakan hal yang penting. Dengan informasi yang anda dapatkan dapat memberi gambaran umum tentang tempat yang hendak Anda tuju sehingga Anda tidak datang dengan bayangan kosong. Melakukan riset atau mencari referensi maka Anda bisa tau mengenai kendaraan, tempat makanan yang enak, penginapan mana yang bagus, obyek wisata mana saja yang menarik untuk dikunjungi, bahkan tempat dimana Anda bisa membeli oleh-oleh murah. Dari riset ini Anda juga bisa memiliki gambaran tentang karakter atau budaya masyarakat lokal sehingga Anda bisa menyesuaikan diri dan tidak mengalami gegar budaya yang berlebihan. Keuntungan lain melakukan riset adalah Anda bisa tahu jadwal pagelaran maupun festival yang sedang di helat di kota atau tempat wisata yang hendak Anda tuju. 

C. Menentukan rute perjalanan
 
Jika Anda pergi berwisata tanpa menggunakan tour agent atau backpacker .  Hal yang harus anda lakukan adalah menentukan rute perjalanan yang kita inginkan untuk sampai ke daerah tujuan. apakah kita ingin mengambil rute yang jauh dan mampir ke satu tempat yang berdekatan dengan daerah tujuan, atau langsung pergi ke tempat tujuan.  ini dilakukan  supaya perjalanan Anda lebih efektif dan efisien. Dengan membuat daftar tempat wisata mana saja yang hendak tuju dan estimasi lamanya perjalanan maka traveling Anda semakin menyenangkan. Tak ada lagi cerita kehabisan waktu sehingga tidak memasuki salah stau obyek wisata yang sudah diinginkan.

D. Dana

dana adalah salah satu hal yang sangat penting dalam berwisata, maka dari itu kita harus memperhitungkan dana yang anda punya dengan apa yang akan di lakukan dalam berwisata jangan sampai anda kehabisan dana dalam perjalanan sehingga dapat menggangu wisata yang anda harapkan..

E. Membawa perlengkapan Pribadi

Siapkan perlengkapan pribadi atau hal yang sangat anda butuhkan sebelum memulai perjalanan yang akan anda lakukan seperti  baju ganti, makanan ringan, perlengkapan mandi, kamera, Obat-obatan pribadi, Dll. jangan sampai perjalanan terganggu karena barang yang anda butuhkan tidak terbawa..

F.  Perlengkapan Dokumen

Untuk anda yang akan melakukan wisata ke luar negri jangan lupa membawa dokumen-dokumen penting seperti Paspor, Visa, KTP, nomor telepon kerabat yang dapat dihubungi, dll, dan simpan di tempat yang aman siapkan back up dokumen agar pada saat terjadi hal yang tidak di inginkan seperti hilang kita masih punya back up dokumennya.


2). Jelaskan mengapa bidang pariwisata penting dalam kehidupan manusia saat ini.

Tidak dapat di pungkiri lagi bahwa pariwisata saat ini sangat penting dalam kemajuan perekonomian suatu daerah atau negara,karena dapat membantu menambah pemasukan finansial yang sangat besar, dan menciptakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat yang tinggal di daerah wisata tersebut, selain itu juga dapat menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk menjaga aset wisata tersebut agar dapat di nikmati oleh semua orang.Selain dalam hal perekonomian pariwisata juga sangat penting bagi orang yang tinggal di daerah perkotaan yang setiap hari di sibukan dengan aktivitanya dan dapat membuatnya stress, maka dari itu mereka sering melakukan wisata ke tempat yang sejuk,tenang dan indah untuk menghilangkan stress nya...

0 komentar:

Posting Komentar

Source: http://www.amronbadriza.com/2012/07/cara-membuat-judul-blog-bergerak.html#ixzz2JwlTpIJJ