.quickedit { display:none; }

Sabtu, 11 Januari 2014

Tugas (#7) Ilmu Pengetahuan Teknologi dan Kemiskinan

A. Contoh Kasus Tentang Ilmu Pengetahuan Teknologi

Salah satu ancaman yang berbahaya untuk abad 21 adalah Bencana Alam seperti gempa bumi, Tsunami, kebakaran hutan, banjir dan sebagainya. Akibat dari itu, ratusan ribu jiwa tewas secara mengenaskan.  Juta orang kehilangan tempat tinggal dan harta benda. Kerugian keuangan negara mencapai miliaran dollar Amerika.

Dalam konteks tersebut, pemerintah Indonesia, harus memiliki strategi dan peralatan tekhnologi yang cukup canggih, untuk melakukan pencegahan sedini mungkin dan mengantisipasi terjadinya bencana. Betapa tidak. Dalam bencana Tsunami yang melanda Aceh pada 2005 lalu, 300 ribu orang lebuh tewas. Kejadian dalam skala yang tidak jauh berbeda juga terjadi di Pulau Nias.

Kebakaran hutan juga melanda Kalimantan dan Sumatera Utara, sehingga mengundang kecaman dari Malaysia dan Singapore.

Rentetan bencana alam dan ketidakmampuan pemerintah Indonesia dalam pencegahan dini dan penanggulangan pasca bencana, sudah selayaknua jika Indonesia bertekad untuk tidak membuat atau mengulang kesalahan serupa di masa depan.

Untuk itu, indonesia belajar dan menyerap ilmu-teknologi dari negara-negara barat , tentunya merupakan opsi yang cukup strategis untuk diterapkan Indonesia.seperti salah satunya dalam kasus penanggulangan bencana alam kebakaran yang terjadi di  kalimantan dan Sumatera Utara, Indonesia menggunakan pesawat Amphibi Be-200(Multipurpose Amphibious Jet) buatan rusia  yang memiliki teknologi sangat mutakir untuk memadamkan kebakaran dan berhasil, selain membantu penanggulangan pascabencana kebakaran hutan, bahkan ratusan ribu warga Indonesia berhasil diselamatkan hidupnya.

Analisis:
Berdasarkan kasus di atas, kita dapat menyimpulkan bahwa pengetahuan teknologi itu sangat penting baik dalam militer, industri, ekonomi, dsb. karena kita tahu teknologi ini datang atas tuntutan keinginan manusia untuk mempermudah aktivitas dalam kehidupannya. Oleh karena itu, semua warga negara Indonesia harus memiliki dasar ilmu pengetahuan teknologi.

 B. Peran Teknologi dalam Mengatasi Kemiskinan

Kasus:

Indonesia memiliki angka kemiskinan yang cukup tinggi. Banyak faktor yang menyebabkan nya salah satunya karena ketidak tahuan nya terhadap  teknologi yang akhirnya menjadikan Indonesia tertinggal. Padahal sekarang ini, sudah banyak teknologi  yang dapat  membantu aktivitas warga sehari-hari seperti teknologi informasi . karena kita tau dengan adanya Teknologi Informasi masayarakat indonesia bisa mengetahui peluang- peluang usaha  yang sangat menjanjikan yang sesuai perkembangan zaman. dan dengan Hal ini bisa mengurangi kemiskinan karena bisa menciptakan hal-hal baru untuk di lakukan
 
Analisis:
Di zaman sekarang teknologi sangat di butuhkan untuk memenuhi  kebutuhan masyarakat, karena dengan teknologi dapat memenuhi aspek dalam kehidupan manusia..

Referensi :
http://www.theglobal-review.com/content_detail.php?lang=id&id=80&type=4#.UtEwWdUcXng

0 komentar:

Posting Komentar

Source: http://www.amronbadriza.com/2012/07/cara-membuat-judul-blog-bergerak.html#ixzz2JwlTpIJJ