.quickedit { display:none; }

Senin, 27 April 2015

PROPOSAL BISNIS "RESTORAN PUBLIKASI"



1. LATAR BELAKANG

Manusia memiliki kebutuhan primer yang harus dipenuhi yaitu kebutuhan sandang, pangan , papan. Pangan adalah kebutuhan yang paling utama bagi manusia Pangan dibutuhkan manusia secara kuantitatif maupun secara kualitatif. 

Dengan kebutuhan pangan sebagai kebutuhan utama yang harus terpenuhi ini bisnis dalam bidang kuliner atau restoran menjadi sebuah peluang usaha yang sangat menjanjikan khusus nya untuk masyarakat yang tinggal di daerah perkotaan dan lebih tepatnya jakarta yang banyak dengan para pendatang.

Banyak sekali restoran yang menyajikan berbagai jenis makanan dan restoran yang berbasis luar negri seperti restoran khas jepang, korea, china dsb. Tidak terkecuali restoran yang menyajikan makanan khas indonesia dan restoran cepat saji yang mungkin lebih banyak diminati. Dengan banyaknya makanan yang datang atau berbasis luar negri masyarakat terkadanng lupa atau tidak tahu akan makanan khas indonesia yang tidak kalah lezatnya nya dengan restoran yang berbasis luar negri atau restoran cepat saji.

Untuk mengingatkan masyarakat indonesia akan lezat nya makanan khas nusantara. restoran “ Restoran Publikasi ” adalah sebuah restoran yang menyajikan setiap makanan khas yang ada di belahan daerah indonesia. Mungkin sudah banyak restoran dengan menyajikan makanan khas indonesia, yang membedakan Ibunda Nusantara dengan restoran khas makan indonesia lain adalah restoran ini dengan total menyajikan semua makanan dan minuman khas yang ada di indonesia selain itu konsep bangunan dengan tempat makan menyerupai setiap rumah  adat yang ada di indonesia dan pelayan yang menggunakan pakian adat yang ramah dan bersahabat menjadikan restoran ini unik dan nyaman untuk dikunjungi.

2. MANFAAT USAHA

Bisnis usaha dibidang kuliner memberikan keuntungan besar bagi si pemilik usaha dan menyediakan lapangan pekerjaan untuk masyarakat sekitar restoran dan chef yang menyukai masakan nusantara. Selain itu menyadarkan masyarakat akan lezat nya kuliner khas indonesia.

2.1 Manfaat Ekonomis 

·         Meraup keuntungan yang besar.
·         Menawarkan produk dan tempat yang sehat dan berkualitas dengan harga ekonomis
·         Memberikan pendapatan yang seluruh karyawan

2.2 Manfaat Sosial

  • Menciptakan lapangan pekerjaan.
  • Memudahkan masyarakat dalam mencari makan khas indonesia
  • Memudahkan masyarakat  yang datang dari luar daerah yang ingin merasakan makanan khas daerahnya.
  • Menyadarkan masyarakat agar mencintai makanan khas sendiri.

3. RUMUSAN MASALAH 


  • Bagaimana cara mendapatkan lahan yang luas dan strategis?
  • Bagaimana cara megantisipisi persaingan usaha bisnis ?
  • Apa yang membedakan dan menjadi keunggulan Ibunda Nusantara dengan restoran lain?


4. PRODUK

Produk yang ditawarkan adalah berbagai jenis makanan dan minuman yang khas Indonesia, dan mereka yang menyukai, rindu atau belum pernah mencoba akan makanan khas daerah indonesia.
Makanan yang kami tawarkan yaitu:

1.      Lapa-Lapa
2.      Binte Biluhuta
3.      Tinutuan atau Bubur Manado
4.      Ikan Asar
5.      Gohu Ikan
6.      Ikan Bakar Manokwari
7.      Papeda atau Bubur Sagu
8.      Kepiting Soka
9.      Mie Aceh
10.  Rendang Padang
11.  Gulai Ikan Patin
12.  Juhu singkah
13.  Bubur pedas sambas
14.  Soto banjar
15.  Ayam cincane
16.  Sup konro
17.  Gulai belacan
18.  Pendap
19.  Pempek
20.  Seruit

Minuman :

1.      Wedang Uwuh
2.      Wedang Ronde
3.      Teh
4.      Syrup Kawista
5.      Es Doger
6.      Es oyen
7.      Aneka Jus
8.      Minuman Lahang
9.      Limun Sarsaparilla
10.  Es Teler
11.  Bajigur
12.  Sekoteng
13.  Beer Pletok
14.  Cendol
15.  Es selendang mayang
16.  Air putih

5 ANALISIS SWOT

5.1 Faktor Internal (Kekuatan dan Kelemahan)

Kekuatan


  1. Penyajian yang mengambil titik kelas menengah hingga atas dengan harga terjangkau serta kualitas produk yang berkualitas, sehat dan rasa makanan yang enak yang cocok dengan selera masyarakat indonesia merupakan salah satu kekuatan dari usaha ini.
  2. Kelengkapan menu-menu merupakan hal yang sangat kami utamakan.
  3. Harga yang  terjangkau  sehingga dapat dinikmati oleh  kalangan masyarakat.
  4. Banyaknya menu makanan dan minuman yang tersedia membuat konsumen bebas memilih.
  5. Sensasi kenyaman tempat yang unik, nyaman dan pelayanan yang ramah.

Kelemahan

  1. Faktor lokasi sangat mempengaruhi kelancaran suatu bisnis. Lokasi harus terletak di posisi yang strategis.
  2. Permintaan konsumen akan menurun jika tidak ada kreasi tambahan bersamaan dengan berjalannya waktu.
  3. Bahan makanan/ minuman akan susah didapat.

5.2 Faktor Eksternal (Kekuatan dan Kelemahan)

Kekuatan

Banyaknya penduduk luar daerah yang tinggal di jakarta menjadikan permintaan akan makanan khas nusantara akan meningkat.  Peluang usaha restoran menjadi sangat besar. Karena kebutuhan mereka akan makanan yang enak, lezat dan sehat dan memiliki cita rasa yang membuat mereka rindu akan makanan khas daerah nya  akan semakin bertambah dan permintaan pasar pun akan terus meningkat.

Kelemahan 

Selera masyarakat yang menganggap masakan luar atu junk food menjadikan restoran ini akan sasngat sulit bersaing.

6. PERENCANAAN USAHA

6.1 Dalam Jangka Pendek 

Tempat usaha yang saya rintis ini bertujuan untuk menambah pengalaman kerja didalam usaha bisnis memberikan sample-sample makanan yang disediakan sesuai dengan menu yang sudah terrancang. Mempromosikan makanan-makanan ini melalui media dan juga kepada teman teman dan kerabat terdekat.

6.2 Dalam Jangka Mengengah

Usaha yang dirintis ini pastinya akan menjadi sarana dalam mewujudkan impian dan cita-cita saya yang ingin menjadi seorang pengusaha muda yang sukses, strategi pasar dan pemasaran menjadi kunci awal untuk keberlanjutan usaha saya kedepannya. kami akan terus menekuni dan belajar dalam bidang ini menanbah menu makan. membuatnya semakin berkembang dan maju. terus mempromosikan nya.

 6.3 Dalam Jangka Panjang

Dalam jangka panjang. membuka sebuah restoran yang besar dan cabang di kota lain dengan  nuansa nusantara dimana para pelanggan dapat berkumpul dengan nyaman degan hidangan khas indonesia yang lezat dan membuat bernostalgia.

7 ANALISIS PASAR DAN PEMASARAN

7.1 Target Pasar

Untuk pemasaran produk kami adalah di mulai dari Kota Jakarta. Mengapa Jakarta? Karena kami melihat potensi ekonomi yang dimiliki kota Jakarta sangatlah besar dan banyaknya pendatang dari luar yang tinggal di jakarta akan membuahkan hasil dan keuntungan yang cukup besar juga. Selain itu, yang menjadi target pasar kami selain para pendatang dari luar derah yaitu para anak muda jakarta yang belum pernah atau merasa asing dengan kuliner daerah.

7.2 Pesaing

Dalam hal Pesaing mungkin adalah banyaknya restoran-restoran unik atau khas nusantara lainnya. Jadi kami harus menyuguhkan suasana yang berbeda. Terdapat banyak pesaing dari usaha ini, akan tetapi disinilah kreatifitas kita diuji bagaimana kita menjadikan sesuatu yang biasa menjadi menarik sehingga komnsumen menjadi tertarik dan membeli produk kita, promosi, tempat dan daya kreativias harus selangkah dari restoran yang sudah lama berdiri tentunya bersaing secara sehat.

7.3 Sasaran Pembeli

Sasaran pembeli yaitu mencakup kalangan masyarakat menengah dan kalangan atas. Dari kalangan tersebut sebagian besar mampu untuk membeli produk yang kami tawarkan, dengan harga yang ditawarkan cukup terjangkau untuk kalangan-kalangan tersebut. Harga yang kami tawarkan untuk makanan-makanan yaitu mulai dari Rp. Rp 17.000,00- sampai dengan Rp 100.000,00-. Sedangkan untuk harga  minuman yaitu mulai dari Rp 12.000,00- sampai dengan Rp 25.000,00-.

8. STRATEGI PEMASARAN

8.1  Dengan media Internet

Networkin Site menjadi sarana yang sangat cepat serta terjangkau khususnya seperti Facebook, Line, whatsApp, Path, BBM, dan Instagrarm. Karena internet untuk masa sekarang merupakan bagian dari kehidupan manusia jadi media internet sangat membantu dalam mempromosikan sebuah produk.

8.2 Dari mulut ke mulut

Promosi ini merupakan promosi yang paling sederhana dan paling murah sekaligus efektif selain itu ini dapat membuat orang yang mendengar langsung tertarik.

9. STRATEGI PROMOSI

Untuk menarik minat konsumen agar membeli produk yang ditawarkan kami mempunyai cara-cara tertentu, adapun cara tersebut yaitu:

  1. Kami akan memberikan potongan harga 10% untuk mereka yang berasal dan  membeli makan khas daerah nya masing-masih untuk setiap hari senin.
  2. Meyediakan kartu member untuk setiap pembeli yang akan memberikan banyak keuntungan.
  3. Apabila konsumen membeli makanan dengan jumlah lebih dari 100.000.00 grati s makan untuk daerah apa saja.

10 ANALISA OPERASIONAL

10.1 Modal

Sumber modal
1.      Modal sendiri : Rp 1.000.000.000
2.      Modal dari investor : Rp 3000.000.000

Lapak

Tanah : Rp 2000.000.000
Peralatan dapur : Rp 70.000.000
Meja + kursi 20 buah : Rp 90.000.000
Alat WIFI 34 buah : Rp 15.000.000
AC 34 buah : Rp 80.000.000

Makanan



  1. Lapa-Lapa Rp. 25.000
  2. Binte Biluhuta Rp. 33.000
  3. Tinutuan atau Bubur Manado Rp.40.000
  4. Ikan Asar Rp.27.000
  5. Gohu Ikan Rp 25.000
  6. Ikan Bakar Manokwari Rp. 45.000
  7. Papeda atau Bubur Sagu Rp.15.000.
  8. Kepiting Soka Rp. 95.000
  9. Mie Aceh Rp. 18.000
  10. Rendang Padang Rp. 30.000
  11. Gulai Ikan Patin Rp. 40.000
  12. Juhu singkah Rp. 27.000
  13. Bubur pedas sambas Rp. 25.000
  14. Soto banjar Rp. 22.000
  15. Ayam cincane Rp.35.000
  16. Sup konro Rp. 80.000
  17. Gulai belacan Rp. 65.000
  18. Pendap Rp. 20.000
  19. Pempek Rp 11- 25. 000
  20. Seruit Rp. 24.000

Minuman
  1. Wedang Uwuh Rp 20.000
  2. Wedang Ronde Rp. 17.00
  3. Teh Rp. 17.000
  4. Syrup Kawista Rp. 25.000
  5. Es Doger Rp 18.000
  6. Es oyen Rp. 19.000
  7. Aneka Jus Rp. 16.000
  8. Minuman Lahang Rp. 21.000
  9. Limun Sarsaparilla Rp. 25.000
  10. Es Teler Rp 21.000
  11. Bajigur Rp. 13.000
  12. Sekoteng Rp. 13.000
  13. Beer Pletok Rp. 21.00
  14. Cendol Rp. 16.000
  15. Es selendang mayang Rp. 16.000
  16. Air putih Rp. 12.000

10.3 Analisis Marketing

Penjualan

Penjualan dilakukan setiap hari dilakukan dari pagi pukul 10.00 hingga malam hari pukul 12.00. 

Pembagian hasil kerja

Usaha restoran PUBLIKASI NUSANTARA ini merupakan usaha yang dirintis oleh saya dan teman saya dan investor dengan menggunakan modal awal yang tersedia maka dari itu keuntungan juga kami bagi rata dengan para investor dan para karyawan yang berpartisipasi dalam membantu usaha ini.


1 komentar:

  1. maaf kalo banyak kesalahan kata atu data, atau sedikit ngawur

    BalasHapus

Source: http://www.amronbadriza.com/2012/07/cara-membuat-judul-blog-bergerak.html#ixzz2JwlTpIJJ