.quickedit { display:none; }

Kamis, 14 Februari 2013

tugas penulisan bahasa iklan 3

-->
Etika dan Tata Krama Periklanan
1. penggunaan kata "satu satunya"

Iklan tidak boleh menggunakan kata-kata superlatif seperti "paling", "nomor satu". "top", "satu-satunya" atau kata-kata berawalan "ter-", dan atau yang bermakna sama. 
contoh: XL


Penjelasan: Di iklan ini mencantumkan kata-kata ter-murah yang tidak boleh di gunakan

2. Tanda Asteris ( * )

Tanda Asteris pada iklan dimedia cetak tidak boleh digunakan untuk menyembunyikan, menyesatkan, membingungkan, atau membohongi khalayak tentang kualitas, kinerja, atau harga sebenarnya dari produk yang diiklankan, ataupun tentang ketidaktersediaan suatu produk.
contoh: Indosat




penjelasan : di iklan ini muncul tanda asterik yang menunjukan harga
3. Pencantuman Harga

Jika harga suatu produk dicantumkan dalam iklan, maka ia harus ditampakkan dengan jelas, sehingga konsumen mengetahui apa yang akan diperolehnya dengan harga tersebut.

Contoh: IM3



Penjelasan: di iklan ini mencantumkan harga yang tidak sesuai dengan aslinya

4. Keselamatan

Iklan tidak boleh menampilkan adegan yang mengabaikan segi-segi keselamatan, utamanya jika ia tidak berkaitan dengan produk yang diiklankan.
contoh: Djarum super



penjelasan: di iklan ini di tampilkan laki-laki yang sedang panjat tebing dan sangat membahayakan                              keselamatan



5. Waktu Tenggang (Elapase Time)

Iklan yang menampilkan adegan hasil atau efek dari penggunaan produk dalam jangka waktu tertentu, harus jelas mengungkapkan memadainya rentang waktu tersebut.
contoh: Vaseline




Penjelasan: :iklan ini tidak menyebutkan jangka waktu yang membuat hasil sebagus yang di tampilkan


6. Penampilan Pangan

Iklan tidak boleh menampilkan penyia-nyiaan, pemborosan, atau perlakuan yang tidak pantas terhadap makanan atau minuman.

Contoh: cornetto mini dan oreo
http://www.youtube.com/watch?v=_wEdgfBxU1Q



Penjelasan: 2 iklan tersebut menampilkan perlakuan terhadap makanan yang kurang pantas


7. Merendahkan

Iklan tidak boleh merendahkan produk pesaing secara langsung maupun tidak langsung.


penjelasan : iklan ini merendahkan iklan xl dengan mengatakan "saya bosen di bohongi anak kecil " yang pada saat itu XL menggunakan bintang iklan nya seorang anak kecil



8. Peniruan

Iklan tidak boleh meniru ikon atau atribut khas yang telah lebih dulu digunakan oleh suatu iklan produk pesaing dan masih digunakan hingga kurun waktu dua tahun terakhir.


penjelasan: iklan minuman ini meniru iklan produk dari jepang
9. Khalayak Anak-anak

Film iklan yang ditujukan kepada, atau tampil pada segmen waktu siaran khalayak anak-anak, dan menampilkan adegan kekerasan, aktivitas seksual, bahasa yang tidak pantas, dan atau dialog yang sulit wajib mencantumkan kata-kata “Bimbingan Orangtua” atau simbol yang bermakna sama.
Contoh: gery chocolatos
            http://www.youtube.com/watch?feature=player_embedded&v=iCGa36zoE5Yk

penjelasan: iklan ini menampilkan adegan yang tidak pantas untuk anak-anak karena dianggap dapat mempengaruhi perkembangan psikologis anak

0 komentar:

Posting Komentar

Source: http://www.amronbadriza.com/2012/07/cara-membuat-judul-blog-bergerak.html#ixzz2JwlTpIJJ