Etika dan Tata Krama Periklanan
1. penggunaan kata "satu satunya"
Iklan tidak boleh menggunakan kata-kata superlatif seperti
"paling", "nomor satu". "top",
"satu-satunya" atau kata-kata berawalan "ter-", dan atau
yang bermakna sama.
contoh: XL
Penjelasan: Di iklan ini mencantumkan kata-kata ter-murah yang tidak boleh di gunakan
2. Tanda Asteris ( * )
Tanda Asteris pada iklan dimedia cetak tidak boleh digunakan
untuk menyembunyikan, menyesatkan, membingungkan, atau membohongi khalayak
tentang kualitas, kinerja, atau harga sebenarnya dari produk yang diiklankan,
ataupun tentang ketidaktersediaan suatu produk.
contoh: Indosat
penjelasan : di iklan ini muncul tanda asterik yang menunjukan harga
3. Pencantuman Harga
Jika harga suatu produk dicantumkan dalam iklan, maka ia
harus ditampakkan dengan jelas, sehingga konsumen mengetahui apa yang akan
diperolehnya dengan harga tersebut.
Contoh: IM3
Penjelasan: di iklan ini mencantumkan harga yang tidak sesuai dengan aslinya
4. Keselamatan
Iklan tidak boleh menampilkan adegan yang mengabaikan
segi-segi keselamatan, utamanya jika ia tidak berkaitan dengan produk yang
diiklankan.
contoh: Djarum super
penjelasan: di iklan ini di tampilkan laki-laki yang sedang panjat tebing dan sangat membahayakan keselamatan
5. Waktu Tenggang (Elapase Time)
Iklan yang menampilkan adegan hasil atau efek dari
penggunaan produk dalam jangka waktu tertentu, harus jelas mengungkapkan
memadainya rentang waktu tersebut.
contoh: Vaseline
contoh: Vaseline
Penjelasan: :iklan ini tidak menyebutkan jangka waktu yang membuat hasil sebagus yang di tampilkan
6. Penampilan Pangan
Iklan tidak boleh menampilkan penyia-nyiaan, pemborosan,
atau perlakuan yang tidak pantas terhadap makanan atau minuman.
Penjelasan: 2 iklan tersebut menampilkan perlakuan terhadap makanan yang kurang pantas
7. Merendahkan
Iklan tidak boleh merendahkan produk pesaing secara langsung
maupun tidak langsung.
penjelasan : iklan ini merendahkan iklan xl dengan mengatakan "saya bosen di bohongi anak kecil " yang pada saat itu XL menggunakan bintang iklan nya seorang anak kecil
8. Peniruan
Iklan tidak boleh meniru ikon atau atribut khas yang telah
lebih dulu digunakan oleh suatu iklan produk pesaing dan masih digunakan hingga
kurun waktu dua tahun terakhir.
penjelasan: iklan minuman ini meniru iklan produk dari jepang
9. Khalayak Anak-anak
Film iklan yang ditujukan kepada, atau tampil pada segmen
waktu siaran khalayak anak-anak, dan menampilkan adegan kekerasan, aktivitas
seksual, bahasa yang tidak pantas, dan atau dialog yang sulit wajib
mencantumkan kata-kata “Bimbingan Orangtua” atau simbol yang bermakna sama.
penjelasan: iklan ini menampilkan adegan yang tidak pantas untuk anak-anak karena
dianggap dapat mempengaruhi perkembangan psikologis anak
0 komentar:
Posting Komentar